Saturday, February 18, 2017

Zombie Stories: Catatan Harian Para Survivor Indonesia Part 2

Semua tulisan pertama kali dimuat di salah satu thread zombie paling fenomenal di Kaskus. Saya dan beberapa kaskuser lain meramaikan thread bertajuk "Catatan yang (masih) Selamat" tersebut dengan membuat semacam side story dari main event yang dibuat oleh Thread Starter.

Konsep dari cerita yang kami buat adalah bagaimana kondisi Indonesia ketika dihantam bencana zombie apocalypse. Cerita menggunakan sudut pandang orang pertama, dimana tokohnya seolah membuat semacam diary kehidupannya tentang bagaimana mereka bertahan hidup. "NO ZOMBIES WORD". Itulah rules yang ada. Kondisi ceritanya, seolah tidak pernah ada film atau game yang menceritakan hal-hal atau kata tentang "zombie".

Ini dia, saya tuangkan semua yang pernah saya tulis di sana, di Blog ini. Enjoy!
H+0 sampai H+2 Depok - Catatan Abdul dan Dapit

H+0
"Dul, mending ni hari kita ke cafe, di sono lagi ada Stand Up Comedy." kata gua ke Abdul.

"Ah, Dapit kau saja! Aku sedang malas gerak! Lagian juga sedang tidak punya materi untuk dibawakan di atas panggung." jawab Abdul sambil tengkurap dengan logat orang Timur-nya yang khas. Temen gue ini emang berasal dari NTT, sob.

"Yah elu dibilangin... terus kita ngapain nih, sekarang jam stgh 7. Kosan pada sepi, cuma berduaan, udah kaya orang homo!"

"Ah, sebaiknya kita nonton film horror saja, kemarin saya baru dapat copy dari kawan."

"Hemmm... yaudah deh hayo. Pakai headphone dah kite biar suaranya lebih greget."

Singkat cerite, aye ama si Abdul ini akhirnya nonton dah tu pelem berduaan. Ceileh... udah kayak orang baru jadian. Lah kita makan popcorn aja sepiring berdua, untuk kagak suap-suapan.

"Aaarrggghhh..." Si Abdul ketakutan meluk gue.

"Eh eh.. Dul lu jangan meluk-meluk gue! Jeruk makan jeruk lu!"

"Ah tidak apa-apa, Dapit. Itu serat namanya..."

"Lah.... serat biji mata lu biji jeruk! Udeh ah nonton lagi! Ini juga ide lu kan."

Terus film-nya abis. Ini film serem banget, masa orang udah mati bisa hidup lagi. Terus ada adegan orang makan orang, idih... najis dah. Gua ama Abdul mahasiswa tapi kagak gitu-gitu amat kalau lagi kelaparan.

Eh, ngomong-ngomong ini udah jam setengah 9 tapi kenapa belum ada orang ye di kosan. Pada ngapain aja noh di kampus. Eh bentar dah... itu kok suara jadi berisik amat di luar kosan. Eh iya, by the way kosan gua 2 lantai. Gua ama Abdul di lantai 2 nih. Pas gua ngelongok keluar, ada orang lari-lari, tereak-tereak. Ngapa dah? Gempa kagak, kebakaran kagak...

"Eerr... err..." suara orang dari arah tangga. Lah itu ibu kos kite.

"Bu, lah pan kite udah bayaran kemaren, hehehe... ngapa masang muka serem gitu ah." jawab gue ke arah ibu kos yang mukanya entah kenapa jadi serem. Rambutnye panjang nutupin muka, matanya agak keliatan dan kemerahan, di sekitar mulutnya ada darah, nah loh... sariawan apa begimane tuh?

"Pit, Pit, saya mencium ada yang tidak beres. Semacam apa ya... entah kenapa suasana jadi mencekam!" ungkap Abdul serius.

"...." gua cuma bisa diem keringet dingin.

"Ah begini saza ibu kos. Saya mengaku kemarin bayaran kos kurang 100 ribu, okelah saya bisa bayar sekarang juga tak usah khawatir..."

"Dul... ini yang gue khawatirin, Dul kalau nonton film horror di kosan."

"Apa memangnya?" kata si Abdul tegang.

"Kalau nonton film setan di kosan... SETANNYA BENERAN!"

"ROAAARRR...", si ibu kost langsung lompat mau nyerang gua sama Abdul!!! Sontak, kite loncat.

"Aduh mama sayangeeee!!" *BUG* si Abdul nendang perut ibu kost sampe dia jatoh teguling.

"Dul kita lari, Dul! Ayo, Dul!"

Gua sama si Abdul lari keluar kosan, pas udah di luar. Wah kampret... ternyata lebih banyak itu makhluk-makhluk koplak! Itu makhluk-makhluk mukenye sama kayak ibu kost. Matanya merah, bersimbah darah, ada yang tangannya buntung, ada yang ususnya terburai, ada yang lehernya terkoyak, beeehh... macam-macam dah astagfirullah...

"Woi lari-lari! Ayo!" Teriak si Abdul.

Kite lari ke sono kemari... tapi ada aja itu makhluk koplak dimane-mane. Kite lari-lari sampe akhirnya ade di pinggir rel kereta api. Eh ada tukang ojek... lah masih narik bang?

*Braakk* itu tukang ojek jatoh depan kite. Weileh... lu kudu belajar ama gua nih... pernah punya pengalaman jadi tukang ojek!

"Lari! lari! saya udah gak bisa selamet!" kata tukang ojek sambil megangin lehernya yang berdarah. Abdul langsung inisiatif naikin tu motor terus bilang,"Woi, Pit ayo!"

Ya, gua juga replek langsung naek. Itu motor langsung di gas abis sama si Abdul,"WOOOIII, Duuulll... pelan pelan! Ini STNK ama SIM begimane!??"

Si Abdul kagak ngehirauin gue. Yang ade, itu motor dikebut sama die. Udah kayak Mark Marquez, pembalap MotoGP. Salip sono, salip sini, ngehindar sono, ngehindar sini. Kemudian, sampailah kite di dalam Universitas Indonesia. Ya, kebetulan kost-an kite emang deket dari pintu masuk UI. Pan, UI banyak pintu tikusnye. Eeeehh.. dilalah udah pada 'rame' tuh di dalam UI.

Itu makhluk koplak juga samanye gentayangan dimane-mane. Ada polisi ama TNI nembak-nembakin. Ada yang langsung mati, ada yang masih kuat. Tadinya kite mau sembunyi di dalam gedung fakultas. Eeehh.. tapi kite yakin di sono lebih banyak makhluk koplak. Yaudeh... alhasil kite berduaan cuma naik motor berduaan aje ngiterin kampus UI. Yaudeh.. sekian dulu dah ye, kalau ada umur kite lanjutin lagi. Wassalam.


H+1
Gue bangun dari tidur gue. Aduh kagak mikirin lagi deadline tugas, kagak mikir ape-ape lagi, dah... tapi badan gue sakit-sakit, kepala gue juga. Terus pas bangun gua juga nyium bau comberan. Pas gue melek, WAH KAMPRET! Bener aje gue ama Abdul nyungsep di dalam got yang ada di UI. Kite nyungsep, motor juga nyungsep. Untung bukan di danau.

Haduuuhh... badan kite pada bau comberan, ada darah juga, darah kite, darah makhluk koplak, oh iya, ini daging makhluk koplak yang 'buyar' ditembakin juga pada nempel di badan kite. Di comberan ini gak cuma ada kite. Makhluk-makhluk koplak yang tewas juga ada. Bahkan ada yang niban kite. Mana oli motor bocor juga kena badan... yah apes dah.

"Aduh berengsek semua, badanku jadi sakit ini..." kata Abdul yang juga baru bangun.

"Yaudahlah ayo kita naik lah." kata gue.

Singkat cerite, kita berhasil naek dari atas comberan. Kite jalan dah tuh, pelan-pelan. Maklum, badan ama kaki masih pegel-pegel gegara jatoh semalam. Matahari udah terik, gua liat jam tangan udah jam 11. Hmm... yaudahlah daripada kagak. Kita jalan aje... pelan-pelan kagak tahu mau kemana. Di sekeliling kite banyak makhluk koplak. Ada juga sih yang masih sibuk 'makan'. Sarapan apa makan siang, bang? Belum pernah die makan nasi uduk ama sayur asem Nyai aye.

Terus gua mikir tapi kok ada yang aneh ya? .....

......

......

OH IYA! KOK KITA KAGAK DIKEJAR!?

"Alhamdulillah... Dapit. Nampaknya kita orang sudah mati." Saut Abdul.

"Wah, belum, Dul. Masa gua masih bisa ngerasa laper. Gua juga masih inget muka Nyai gue. Aduh... pada sehat kagak ye?"

"Aduh mama sa...yange.. lemas kali aku ini."

Gua gak tahu anugrah apa dari Allah SWT. buat kite hari itu. Nyang pasti kite hari itu terus jalan. Gak tahu lah kemana... wassalam.


H+2
"Pit! Ayo cepat!" seru si Abdul agak berbisik.

"Sabar ngape!? kalau kekencangan ini makhluk koplak malah curiga."

"Ah mereka juga bergerak cukup cepat karena mendengar suara tembakan itu juga."

"Iye dah ayo daaahh..."

Jam 5 sore. Ini udah dua hari gua ama Abdul berpetualang di tengah-tengah kerumunan makhluk-mahluk koplak. Kayaknya kita selamat gara-gara badan kita bau busuk, ya... kayak yang gua ceritain kemaren dah kenapa badan kita bisa bau busuk. Selama beberapa hari di dalam komplek UI, kita jalan nemu makanan (makanan orang normal) kita ambil, kita makan. Nemu air, kita minum. Pokoknya hoki-hokian aja dah Bismillah... kita juga nemu pistol tapi gak ngerti cara makenye. Ah kita ambil.. kali aja ada yang bisa ngajarin.

Nah, ini kita tadi denger suara tembakan. Di deket pintu masuk UI di daerah... apa tuh... kalau gak salah namanya pintu kukusan kelurahan. Hoki-hokian lagi nih kali aja tuh orang bisa dimintain bantuan. Sialnya itu tembakan berhenti. Apa udah mati orangnye ye?

Singkat cerite kite nyampe dah di pintu ntu. Kite jalan dikit dan...

"Alamak Dapit... liat itu ada bapak tentara di atas minimarket."

"Masya Allah. bener, Dul. Kite harus tolong tuh kayaknya. Eh kebalik apa kite yang minta tolong?"

"Tapi minimarket itu sudah terkepung... Ah saya ada akal!" kata Abdul sambil ngeluarin HP. Mulai dari situ kita diskusi sambil berbisik.

"Buju buneng, gua baru inget kite punya teknologi namanya HP. Tapi mau buat apaan?"

"Ah sudah kau lihat saja! Benda sekecil ini ajaib, bahkan bisa menjatuhkan pesawat kalau mau!"

"Lah caranye?"

"Ya kau tinggal colok pilot punya mata dengan HP ini!"

"Ah becanda aje lu... gimane caranye?" kata gua ngeplak pala Abdul.

"Pokoknya ini baterai HP saya masih ada 10%, saya tidak pakai paket internet jadi lebih hemat baterai. Baru beli pula. Saya akan setel MP3 keras-keras. Sepengamatan saya selama beberapa hari, itu makhluk keparat sensitif dengan bunyi-bunyian jadi..."

"Jadi kita lempar itu HP lu ke sisi yang jauh dari minimarket terus kita bisa nyelamatin tuh tentara? Ayo dah, gua bawa HP juga masih ada 10% nih."

"Benar, Dapit! Oke ayo kita jalankan." kata Abdul yakin dengan logat timur-nya yang khas.

Kite ngasih kode dulu ke pak tentara, buju buset itu tentara sibuk nulis aje dari tadi liatin. Kita udah joget-joget, loncat-loncat kecil tapi die kagak sadar... gak lama itu tentara selesai nulis. Eh mau loncat sambil megang pestol!! Tapi alhamdulillah... pas dia mau loncat sempet sadar ngeliat kite. Awalnya die bingung kok ada makhluk koplak niruin joget cesar (ya kita kkagak lebay jga sih jogetnya), tapi akhirnya dia tahu kita masih orang.

Gua kagak ngarti begimana ceritanye kita ngobrol dari kejauhan pake bahasa isyarat dan dilalah dia ngarti. Bagus dah. Akhirnya dia berkemas, ngambil senjata dan lain-lainnya. Siap-siap loncat kalau kita kodein (ceileh kode). Pokoknya ini HP dua punya kite kita masukin ke dalam kantong plastik, terus kita lempar ke arah yang agak jauh dari minimarket. Kebetulan ini minimarket deket ama kelurahan. Gpapa dah kita lempar ke sono, hehe...

"Oke, kite bareng-bareng, Dul. 1,2,3~" Kata kami berbisik dan melempar itu HP Volume udah kita kencengin sampe POL!.

"JAKARTE! KEBANJIRAN! DI BOGOR! ANGIN NGAMUK!", Waileh.. itu suara MP3 kita kompak amat lagu Bang BenS. Eh bener aje abis itu makhluk koplak pada ngerubungin kelurahan. Di saat udah agak sepi, pak tentara loncat, dan ngajak kita buat,"LARI!"

"Et dah, pak jangan tereak-tereak, pak!"

"Ah, bapak ini gila kali jangan tereak-tereak!"

Gobloknya gua ama Abdul ikutan tereak ama lari. Untung sebagian besar dari mereka masih sibuk 'dengerin' lagu bang benS. Udeh deh sekian cerita dari kite. Oh iye, kita sempet kenalan. Nama bapak tentara ini Rony Sibarani.

No comments:

Post a Comment